Sunday, 8 February 2015

Warga Desa Tlaga Banjarnegara Mengungsi, Tanah Kerap kali Bergerak



Trauma dan ketakutan terhadap bencana longsor juga menghantui warga di Desa Tlaga, Kecamatan Punggelan, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Mereka khawatir desanya akan mengalami longsor seperti yang terjadi di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Kecamatan Karangkobar.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Pagi SCTV, Senin (22/12/2014), dalam 2 hari terakhir warga Desa Tlaga dikejutkan dengan fenomena alam berupa getaran dan tanah bergerak. Bahkan sejumlah rumah rusak akibat pergerakan tanah tersebut.

Warga Desa Tlaga kini tak lagi berani menghuni rumah mereka dan memilih mengungsi di gedung SD setempat. Namun lokasi pengungsian itu juga merupakan wilayah yang rawan bencana.

Petugas dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Bandung yang sedang berada di Kecamatan Karangkobar langsung melakukan pendeteksian. Petugas mendatangi Desa Tlaga dan menemukan sejumlah titik lokasi rawan longsor.

Melihat kondisi ini petugas PVMBG menyarankan kepada warga agar mengungsi ke lokasi yang lebih jauh dari Desa Tlaga. Hal ini mengingat banyaknya retakan yang melingkari pemukiman tersebut.

Terlebih pemukiman yang retak di Desa Tlaga ini berada di atas bukit. Kondisi ini tentu sangat berbahaya karena bencana longsor sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Warga Desa Tlaga, Kecamatan Punggelan, Banjarnegara mengungsi karena khawatir wilayah mereka terjadi longsor seperti di Desa Sampang.

Sumber : liputan6.com


EmoticonEmoticon