Saturday, 1 March 2014

Girilangan


Girilangan,tempat ini adalah salah satu tempat bersejarah di desa kami,khususnya di gumelem wetan,selain bersejarah tempat ini juga di gunakan sebagai obyek wisata. Walaupun tempat ini belum parnah di kunjungi oleh wisatawan asing, tapi setiap liburan datang tempat ini ramai di kunjungi oleh para pengunjung, tidak hanya dari satu daerah tapi tempat ini banyak di kunjungi oleh orang2 luar kota bahkan luar provinsi. Tempat ini juga biasa di gunakan untukl ritual adat jawa,seperti acara caosan,sadran gede,tumpengan,nadzar dari orang-orang tertentu dan masih banyak lagi. 

Menurut cerita orang-orang zaman dulu tempat ini katanya pernah di gunakan sebagai tempat berteduh oleh sunan giri, makanya tempat ini di kasih nama "GIRILANGAN". Ada juga yang cerita lain dari masyarakat sekitar bahwa pada zaman dahulu ada seorang sunan yang meninggal, yaitu Sunan Giri. Saat jasadnya akan dikebumikan di sebuah pemakaman yang ada dikaki gunung Wuluh. Karena jalannya menanjak, para pengangkut pun memutuskan untuk berhenti sejenak.
Namun ketika peti diangkat, terasa ringan. Dan ketika dibuka jasad Sunan Giri menghilang. Lalu mereka memutuskan untuk menyimpan peti tersebut ditempat yang akan digunakan untuk mengebumikan jasad Sang Sunan.
Mulai saat itulah masyrakat Gumelem mensucikan pemakaman tersebut. Hampir setiap  malam jumat kliwon atau selasa manis banyak orang yang menziarahinya.

Saya sendiri juga belum tau cerita yang sebenarnya, tapi kan ga da salahnya kita tangkap hal yang positif dari tempat ini. Saya juga minta maaf, sebelum dan sesudahnya apabila saya dalam menyampaikan apa isi yang ada di dalam blog ini kurang jelas atau kurang enak di baca. Tapi saya sangat bangga, meski saya tinggal di bawah bukit "GIRILANGAN" dengan pernah putus asa, karena tempat ini sangat sejuk damai dan pokoknnya ga membosankan. Siapapun boleh datang ke tempat ini,gratis dan ga di pungut biaya apapun.
Mungkin tempat ini belum terkenal seperti yang ada di purbalingga, tapi saya sebagai jiwa penerus bangga saya harus semangat untuk memajukan dan melestarikan obyek wisata di tempat kami ini. 

Bagi anda-anda yang mau datang ke tempat ini anda bagi yang dekat bisa jalan kaki, yang jauh bisa naik kendaraan roda 2, tapi kalau yang pakai kandaraan roda 4, tempat ini belum bisa di jangkau karena jalan di tempat ini boleh di katakan rusak berat. Maklum, pemerintah di tempat kami kelihatannya ga pada serius untuk mengatasi jalan yang rusak. Mungkin kalau jalan yang menuju tempat ini atau ke "GIRILANGAN", normal dan bisa di jangkau kendaraan roda 4, mungkin obyek wisata "GIRILANGAN" bisa lebih ramai di bandingkan dengan obyek wisata yang ada di purballingga, meski kalau di "GIRILANGAN" tempatnya masih alami banget, bangunan2nnya aja masih bangunan jaman dulu,temboknya juga belum memakai semen dan pasir,melainkan hanya dari tumpukan2 bata saja. 
Bagi anda, bila ada yang mau tahu atau hanya sekedar ingin tahu bisa menghubungi email ini mujahidcuy2@gmail.com



EmoticonEmoticon